Gaya Hidup, Kesehatan, Tips

Apa itu Osteopenia? faktor risiko dan penyebabnya

 Pertanyaan “Apa itu osteopenia” umumnya muncul setelah Anda didiagnosis dengan kelainan yang tampaknya berdampak pada kualitas tulang Anda. Jika Anda menderita osteopenia, dokter akan menentukan bahwa kepadatan tulang Anda jauh lebih rendah daripada orang biasa. Dalam kebanyakan kasus, kepadatan tulang manusia akan mencapai puncaknya pada usia 35, dan setelah itu dapat mulai memburuk sebagai akibat dari berbagai faktor yang berbeda.

Untuk mendiagnosis osteopenia, dilakukan pengukuran untuk melihat kepadatan mineral tulang (BMD) Anda. Tes ini menentukan berapa banyak mineral tertentu yang dapat ditemukan di tulang Anda. Pengukuran BMD yang didapat dapat memperkirakan seberapa besar kemungkinan Anda akan patah tulang karena aktivitas standar sehari-hari. Orang yang menderita osteopenia seringkali memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan orang, tetapi ini belum tentu merupakan tanda penyakit tersebut.

Sebaliknya, memiliki osteopenia dapat meningkatkan risiko Anda mengembangkan kondisi di kemudian hari yang dikenal sebagai osteoporosis. Tidak seperti osteopenia, osteoporosis adalah penyakit yang dapat menyebabkan postur membungkuk, patah tulang, dan bahkan nyeri yang parah. Kabar baiknya adalah Anda dapat melawan osteopenia untuk mengurangi risiko ketidaknyamanan. Solusi olahraga dan diet yang tepat dapat membantu menjaga tulang Anda tetap kuat, dan jika Anda menderita osteopenia, Anda harus bertanya kepada dokter Anda tentang bagaimana Anda dapat menghentikannya menjadi lebih buruk, sehingga Anda mungkin dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

Apa Itu Osteopenia: Faktor Risiko dan Penyebabnya

Dalam kebanyakan kasus, peluang Anda terkena osteopenia meningkat seiring bertambahnya usia. Karena massa tulang Anda memuncak pada periode tertentu dalam hidup Anda, setelah itu, tubuh Anda akan mulai memecah tulang yang lebih tua lebih cepat daripada massa tulang baru berkembang, yang berarti tulang Anda menjadi lebih rapuh dan rapuh. Terkadang, wanita bisa kehilangan tulang lebih cepat setelah menopause. Jika Anda kehilangan terlalu banyak tulang, Anda mungkin didiagnosis dengan osteopenia.

Sekitar setengah dari semua orang Amerika yang berusia lima puluh atau lebih diperkirakan akan berakhir dengan osteopenia. Semakin banyak Anda didiagnosis dengan faktor risiko tertentu, semakin besar risiko Anda akan berkembang. Misalnya, Anda lebih cenderung berakhir dengan osteopenia jika Anda perempuan, memiliki riwayat keluarga dengan kondisi tersebut, atau mengalami menopause sebelum Anda berusia 45 tahun. Beberapa orang menderita osteopenia karena mereka tidak cukup berolahraga, atau menjalani pola makan buruk yang kekurangan vitamin D dan kalsium.

National Foundation for Osteoporosis menyatakan bahwa BMD Anda harus diuji jika Anda seorang wanita di atas usia 65 tahun. Selain itu, Anda harus menjalani tes tersebut jika Anda lebih muda dari ini dan memiliki berbagai faktor risiko. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk menjalani tes kepadatan mineral tulang Anda karena berbagai alasan lain juga.

Apa itu Osteopenia: Menguji Kepadatan Tulang Anda

Jika dokter Anda khawatir Anda mungkin menderita osteopenia, atau dia yakin bahwa risiko penyakit Anda sangat tinggi, maka dia mungkin meminta Anda untuk menjalani tes DEXA. Ini juga dikenal sebagai tes absorptiometri sinar-X energi ganda. Ini adalah cara paling umum untuk menentukan BMD, dan menggunakan sinar-X yang umumnya memaparkan orang ke tingkat radiasi yang lebih rendah daripada sinar-X standar. Kabar baiknya adalah tes ini sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit dan seharusnya tidak menyebabkan Anda merasa tidak nyaman.

Dalam kebanyakan kasus, DEXA akan mengukur kepadatan tulang di jari, pergelangan tangan, tulang kering, tumit, tulang belakang, lengan bawah, atau pinggul Anda. DEXA kemudian akan membandingkan kepadatan tulang Anda dengan hasil standar anak berusia tiga puluh tahun dari ras dan jenis kelamin yang sama dengan Anda. Hasilnya adalah T-Score yang dapat digunakan untuk diagnosis. Jika skor Anda menunjukkan bahwa Anda menderita osteopenia, laporan DEXA Anda mungkin menyertakan skor FRAX. Namun, jika tidak, dokter Anda dapat menghitung skor Anda. Alat FRAX menggunakan kepadatan tulang yang dicatat untuk memperkirakan seberapa besar kemungkinan Anda akan patah tulang penting dalam dekade berikutnya. Terkadang, dokter Anda akan menggunakan skor FRAX Anda untuk mengembangkan rencana perawatan untuk osteopenia Anda.

Apa Itu Osteopenia: Pilihan Perawatan

Osteopenia tidak dapat disembuhkan tetapi dokter dapat mengurangi risiko osteopenia Anda berkembang menjadi osteoporosis yang parah. Tahap pertama perawatan Anda akan melibatkan latihan yang dipilih dengan cermat dan keputusan diet. Risiko patah tulang saat Anda menderita osteopenia bisa sangat kecil, jadi dokter biasanya tidak akan meresepkan obat apa pun kecuali Anda memiliki risiko yang cukup besar.

Dokter Anda mungkin merekomendasikan untuk mengambil suplemen yang akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak vitamin D dan kalsium ke dalam sistem Anda. Namun, seringkali lebih baik jika Anda mendapatkan cukup zat ini dari makanan Anda. Untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D dan kalsium, Anda bisa mengonsumsi berbagai produk rendah lemak di dunia susu, termasuk yogurt, susu, dan keju. Untuk vitamin D, Anda bisa mengonsumsi roti yang diperkaya, dan jus.

Mungkin ada gunanya mencari tahu apakah Anda sudah mendapatkan cukup zat ini ke dalam sistem Anda, dan ada kalkulator yang tersedia di situs web tertentu untuk osteoporosis yang dapat membantu mengatasi hal ini. Kalkulator ini akan menggunakan gram untuk pengukuran, jadi Anda mungkin perlu melakukan beberapa konversi jika tidak yakin. Ingatlah bahwa tiga puluh gram sama dengan satu ons.

Anda mungkin juga menemukan bahwa dokter Anda merekomendasikan penggunaan olahraga untuk membantu kondisi Anda juga. Berlari atau berjalan setidaknya tiga puluh menit sehari akan membantu memperkuat tulang Anda. Anda perlu melakukan latihan menahan beban secara teratur, tetapi penting untuk diingat bahwa akan semakin sulit bagi Anda untuk membangun tulang saat Anda semakin tua. Seiring bertambahnya usia, olahraga Anda mungkin perlu menekankan keseimbangan dan teknik penguatan otot. Pada akhirnya, tujuannya adalah untuk mengurangi risiko Anda jatuh dan menderita cedera, patah atau patah tulang yang mungkin membutuhkan waktu lama untuk sembuh dengan benar, atau membahayakan Anda dengan cara apa pun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *