Diabetes, Kesehatan, Tips

Mempelajari semua tentang makanan diabetes

Ketika Anda menerima diagnosis diabetes tipe 2, salah satu hal pertama yang perlu Anda pahami adalah konsep makanan diabetes dan apa yang dapat Anda makan untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali. Meskipun ada banyak hal lain yang perlu Anda pikirkan jika ingin meningkatkan peluang Anda untuk hidup sehat dengan diabetes, penting untuk diingat bahwa makan makanan yang seimbang dan sehat adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan penderita diabetes.
Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu berhenti makan semua makanan favorit jika Anda menderita diabetes. Namun, ada beberapa makanan diabetes di luar sana yang lebih mungkin meningkatkan kadar gula darah dan membuat Anda berpotensi terkena efek samping berbahaya. Dengan pemikiran tersebut, Anda harus mempertimbangkan semua yang akan Anda konsumsi dengan hati-hati, dan memastikan bahwa Anda tidak berlebihan dengan makanan apa pun yang dapat memengaruhi kondisi Anda.
Makanan Diabetes Apa yang Tersedia?
Jika Anda baru saja didiagnosis menderita diabetes tipe 2 dan Anda bertanya-tanya makanan diabetes apa yang bisa Anda makan, jangan panik. Opsi pada dasarnya tidak terbatas. Banyak penderita diabetes terkejut mengetahui bahwa mereka masih bisa makan apa pun yang mereka inginkan dengan diabetes, kuncinya adalah memastikan bahwa Anda makan makanan dengan seimbang, dan tidak berlebihan dengan satu zat apa pun.
Dengan membuat perubahan pilihan makanan yang realistis dan dapat dikelola, Anda meningkatkan peluang Anda untuk dapat terus mengelola kondisi Anda dalam jangka panjang tanpa jatuh dari kereta musik. Idealnya, Anda harus mencari cara untuk mengelola kadar lemak darah, tekanan darah, berat badan, dan kadar glukosa Anda juga!
Ingat, sebelum Anda didiagnosis diabetes tipe 2, Anda mungkin telah menemukan bahwa Anda lebih haus dari biasanya. Jika ini masalahnya, penting untuk memastikan bahwa Anda menghindari minuman manis sebanyak mungkin untuk memuaskan dahaga Anda. Zat-zat ini dapat dengan mudah menaikkan kadar gula darah Anda ke tingkat yang sangat tinggi jauh lebih cepat daripada yang Anda kira, dan bahkan dapat mendorong Anda untuk menambah berat badan juga.
Idealnya, Anda ingin menghindari makanan apa pun yang berlabel makanan diabetes, karena makanan tersebut sering kali mengandung jumlah lemak dan kalori yang sama dengan yang Anda harapkan dari makanan biasa. Pilihan ini juga lebih mahal meskipun tidak benar-benar membantu Anda mengelola kondisi Anda lebih baik daripada makanan lain yang mungkin Anda beli.
Makan Buah dan Sayuran:
Cara terbaik untuk mulai mencari makanan diabetes terbaik adalah dengan melihat manfaat buah dan sayuran. Zat-zat ini dikemas penuh dengan hal-hal hebat seperti serat, mineral, dan vitamin, dan zat-zat ini ideal jika Anda ingin menjaga kesehatan Anda dalam keadaan baik. Sayuran dan buah-buahan juga dapat membantu melindungi Anda dari kondisi seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Idealnya, Anda ingin makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran yang berbeda setiap hari, dan Anda dapat memilih warna yang lengkap untuk mendapatkan koleksi mineral dan vitamin terbaik yang tersedia. Ingatlah bahwa jika Anda memang menderita diabetes dan sedang mencari makanan diabetes, sebaiknya mencari buah dan sayuran dengan indeks GI rendah. Ini berarti buah yang Anda pilih memiliki lebih sedikit gula daripada beberapa pilihan lain di pasaran.
Makan Makanan Bertepung:
Makanan bertepung adalah item lain dalam piramida makanan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan dalam hal makanan diabetes. Zat-zat ini termasuk roti, pasta, kentang, dan nasi, dan semuanya mengandung karbohidrat yang akhirnya diubah menjadi glukosa. Idealnya, Anda harus berhati-hati dengan pilihan makanan bertepung untuk mengurangi risiko peningkatan kadar karbohidrat ke jumlah yang berbahaya. Pilih roti dan pasta gandum daripada putih, dan pikirkan juga pilihan nasi liar.
Mengubah sumber pati tidak hanya mengurangi risiko gejala diabetes yang berbahaya, tetapi juga mengandung lebih banyak serat, yang membantu memastikan sistem pencernaan Anda terus bekerja sebagaimana mestinya. Selain itu, makanan dari biji-bijian ini juga lebih mudah diserap ke dalam sistem Anda, membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama.
Kacang Kacang, Daging, Telur, dan Ikan:
Masing-masing makanan ini mengandung protein lebih tinggi daripada kebanyakan makanan lain di pasaran. Idealnya, ketika berbicara tentang makanan diabetes, Anda harus mencoba memasukkan sebanyak mungkin protein ke dalam sistem Anda, karena itu penting untuk memperbaiki dan membangun otot. Makanan seperti daging, telur, dan ikan semuanya membantu menawarkan sumber vitamin dan mineral lain, seperti zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan darah Anda.
Beberapa ikan berminyak, seperti salmon, mackerel, dan sarden juga mengandung omega 3 yang meningkatkan perlindungan jantung dan membuat otak Anda bekerja dengan baik juga. Idealnya, Anda harus menargetkan sesuatu dari kelompok makanan ini setidaknya sekali sehari, dan dua porsi ikan berminyak per minggu!
Makanan Susu dan Diabetes:
Jika berbicara tentang makanan diabetes, ada banyak kekhawatiran seputar makanan olahan susu, karena terkadang hal itu dapat mempersulit pengelolaan kondisi Anda. Namun, keju, susu, dan yogurt semuanya mengandung kalsium, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memastikan gigi dan tulang Anda tetap kuat.
Susu juga merupakan sumber protein yang baik, tetapi ada juga yang tinggi lemak, yang berarti penting untuk memilih alternatif yang tidak akan berdampak negatif pada berat badan Anda. Cari alternatif rendah lemak, dan pastikan Anda juga memeriksa tanda-tanda tambahan gula. Ingatlah bahwa susu semi skim juga mengandung lebih banyak kalsium daripada susu murni, dan Anda harus mengonsumsi setidaknya sedikit produk olahan susu dalam makanan Anda setiap hari.
Makanan yang Tinggi Gula dan Lemak:
Terakhir, untuk memahami makanan diabetes, penting untuk diingat bahwa Anda dapat mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak, tetapi makanan tersebut hanya dapat diberikan sesekali sebagai bagian dari diet seimbang. Makanan dan minuman manis yang Anda makan akan menambah kalori ekstra, meningkatkan gula darah, dan membuat Anda berisiko terkena masalah diabetes, jadi penting untuk mencari alternatif rendah kalori dan rendah gula kapan pun Anda bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *