Diabetes, Info, Kesehatan

Diabetes: memahami tingkat dan skor a1c

Diabetes adalah penyakit yang umum, tetapi seringkali mengubah hidup yang dapat menyebabkan sejumlah komplikasi. Jika Anda dapat mengelola kondisi Anda dengan baik, maka Anda tidak perlu khawatir diabetes mengontrol hidup Anda. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, Anda mungkin mengalami komplikasi serius. Penting untuk memastikan bahwa Anda menjalani tes jika Anda berisiko terkena diabetes tipe 2, untuk memastikan bahwa Anda dapat mengambil tindakan pencegahan untuk melindungi diri Anda dari menjadi penderita diabetes.

Dulu, mengukur kadar gula darah dulunya merupakan proses yang jauh lebih sulit, karena orang harus menggunakan tes tongkat pada sampel urin, yang hanya memberikan wawasan untuk satu ruang waktu. Untungnya, begitu tes A1C muncul pada 1980-an, tes tersebut menjadi solusi penting untuk mengontrol kadar gula darah.

Bagaimana Tingkat A1C Bekerja?

Tes A1C dimaksudkan untuk mengukur kadar gula darah atau glukosa rata-rata Anda selama sekitar tiga bulan, alih-alih berfokus pada kadar gula darah dalam satu hari. Tes A1C berarti dokter dapat melihat apakah gula darah Anda secara umum normal, meskipun hal-hal seperti gula darah puasa tinggi, dan sebagainya.

Tingkat A1C bekerja karena tes mengukur jumlah hemoglobin yang ada dalam aliran darah Anda dengan molekul glukosa yang melekat padanya. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, hemoglobin hanyalah protein yang ada di dalam sel darah merah, dan membawa oksigen ke tubuh. Sel hemoglobin sering kali beregenerasi dan sekarat, tetapi mereka memiliki umur rata-rata sekitar tiga bulan.

Saat Anda mengonsumsi makanan, glukosa atau gula darah hanya menempel pada hemoglobin dalam darah Anda. Itu berarti Anda memiliki catatan yang konsisten tentang berapa banyak gula yang Anda konsumsi dalam sel hemoglobin Anda, setidaknya sampai sel-sel itu mati dan beregenerasi dalam tiga bulan ke depan. Jika Anda memiliki terlalu banyak gula yang menempel pada sel hemoglobin Anda, maka Anda mungkin memiliki kadar A1C yang lebih tinggi. Namun, jika jumlah glukosa Anda normal, A1C Anda juga harus normal.

Memahami Level dan Skor A1C:

Menurut sebagian besar ahli, kadar A1C normal harus di bawah 5,7%. Jika skor Anda melebihi angka tersebut, hingga 6,4% maka Anda mungkin didiagnosis pradiabetes. Jika Anda memang menderita pradiabetes, Anda mungkin berisiko terkena diabetes tipe 2 besar-besaran dalam sepuluh tahun ke depan. Kabar baiknya di sini adalah ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena diabetes.

Jika hasil tes Anda positif untuk pradiabetes, Anda perlu sering melakukan tes ulang untuk melacak kondisi Anda. Selain itu, jika skor Anda untuk level A1C sekitar 6,5%, Anda dapat didiagnosis menderita diabetes tipe 2. Jika ini terjadi, Anda perlu mengurangi risiko komplikasi dengan meminimalkan Level A1C Anda.

Cara terbaik untuk menurunkan skor Anda adalah dengan membuat perubahan kecil pada diet, pola olahraga, dan gaya hidup Anda secara keseluruhan. Jika Anda sudah menderita diabetes, maka Anda harus mencari tahu berapa tingkat optimal Anda. Orang yang berisiko hipoglikemia tidak dapat dengan aman menjaga levelnya di bawah 7%.

Membuat Rencana untuk Menurunkan Level A1C:

Langkah pertama untuk mengontrol level A1C Anda adalah membuat rencana. Anda harus memikirkan tantangan dan tujuan yang harus Anda tangani ketika berurusan dengan diabetes. Ini mungkin termasuk tujuan seperti menurunkan berat badan, atau mengubah pola makan, sehingga Anda bisa makan lebih sehat.

Jika Anda sudah menderita diabetes, maka Anda perlu membuat rencana dengan bantuan dokter Anda. Strategi ini harus mencakup informasi tentang petunjuk medis, kontak darurat, obat-obatan, dan target glukosa darah atau kadar A1C. Anda juga dapat menentukan seberapa sering Anda harus melakukan tes berdasarkan apa yang Anda ketahui tentang kondisi Anda.

Ubah Kebiasaan Makan Anda:

Salah satu cara termudah untuk menurunkan kadar A1C Anda adalah dengan makan makanan yang sehat. Anda dapat mencetak grafik atau menggunakan aplikasi untuk mencatat dengan tepat apa yang Anda makan dan kapan Anda makan. Proses pelacakan ini akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang makanan Anda untuk mengurangi tingkat A1C Anda.

Ingat, kunci kesehatan yang baik ketika Anda ingin menurunkan berat badan dan menjaga tingkat A1C Anda seminimal mungkin, adalah makan lebih sedikit kalori daripada biasanya. Ini berarti Anda harus mengonsumsi lebih sedikit lemak jenuh, makan lebih sedikit makanan olahan, dan pikirkan baik-baik tentang diet Anda.

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu berhenti makan karbohidrat sehat jika ingin menurunkan kadar A1C Anda. Mengelola diabetes Anda adalah tentang memantau berapa banyak karbohidrat yang Anda makan pada waktu tertentu. Biasanya merupakan ide yang baik untuk memilih larutan karbohidrat yang lebih kaya nutrisi dan lebih sehat seperti ubi atau buah-buahan, tetapi pastikan Anda memperhitungkan dengan tepat berapa banyak yang Anda makan pada waktu tertentu.

Perlu juga diingat bahwa para ilmuwan telah membuktikan bahwa pola makan nabati yang memiliki lebih sedikit lemak tak jenuh umumnya lebih baik untuk tujuan pengelolaan gula darah.

Singkirkan Kelebihan Berat Badan Anda:

Bagi kebanyakan orang, menurunkan level A1C Anda adalah tentang mengurangi berat badan Anda sebanyak mungkin. Menurunkan berat badan adalah tujuan yang penting, tetapi itu adalah sesuatu yang mungkin tidak dapat Anda lakukan hanya dengan bantuan diet iseng. Rencana yang sehat untuk mengonsumsi makanan utuh yang rendah kalori dan lemak dapat membantu Anda membuat perubahan jangka panjang yang lebih signifikan. Siapkan penghitung kalori dan lemak kapan pun Anda bisa untuk membantu Anda membuat pilihan yang lebih cerdas. Ingat, kehilangan sekitar 5% lemak tubuh sudah cukup untuk meminimalkan risiko komplikasi diabetes.

Selain itu, meningkatkan level aktivitas Anda dapat membantu Anda menurunkan level A1C Anda secara permanen. Yang perlu Anda lakukan untuk memulai adalah berjalan kaki selama 20 menit setelah makan malam. Anda dapat secara bertahap meningkatkan jumlah olahraga saat Anda mencapai tujuan untuk perubahan gaya hidup Anda. Ingatlah untuk mendapatkan konfirmasi dari dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda boleh mulai berolahraga lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *